takani berbagi info

Serba – Serbi Informasi

Hati-hati Ponsel bisa membuat kalian jelek lho…….

Sebuah survei oleh perusahaan teknologi Qualcomm baru-baru ini melaporkan, sedikitnya 29 persen responden melaporkan bahwa telepon seluler mereka adalah benda pertama dan terakhir yang mereka lihat setiap hari.

Mulai dari mengirimkan pesan teks, mengambil foto hingga memeriksa transaksi bank, semuanya sangat mudah jika dilakukan dengan menggunakan ponsel, tapi harus hati-hati karena ternyata menggunakan ponsel ini punya dampak negatif yang bisa membuat Anda tampak kurang menarik.

1. Lingkaran hitam di mata

Dalam sebuah penelitian yang didanai oleh beberapa produsen terbesar ponsel di dunia, para peneliti dari AS dan Swedia menemukan bahwa radiasi ponsel bisa menyebabkan sakit kepala dan mengganggu pola tidur. Penelitian lainnnya di Swedia mengungkap, seperempat jumlah anak muda selalu bersama ponselnya sepanjang waktu, yang kemudian dapat menyebabkan gangguan tidur, stres dan depresi.
 
“Kurang tidur bisa menyebabkan meningkatnya kadar stres dan menimbulkan lingkaran hitam serta kantung mata,” ungkap Dr. Eric Schweiger, pendiri Clear Clinic di New York, kepada Yahoo! Shine.
 
Meski ada banyak produk di pasaran yang bisa membantu Anda mengurangi tampilan kantung dan lingkaran gelap pada mata Anda, cara yang paling tepat adalah mematikan ponsel ketika hendak tidur. Jika mungkin, lebih baik tinggalkan ponsel Anda di ruangan lain dan gunakan jam alarm terpisah di meja Anda.
 
Namun, jika Anda bersikeras membawa ponsel Anda ke tempat tidur, Mayo Clinic di Arizona menyarankan untuk meredupkan lampu dengan menyesuaikan pengaturan cahaya, dan jika Anda ingin memeriksa satu email terakhir sebelum tidur, peganglah ponsel Anda setidaknya pada jarak 35 cm dari wajah.
 
2. Keriput
Pengaturan ukuran huruf yang kecil di ponsel membuat Anda terus menyipitkan mata, yang bisa menyebabkan timbulnya keriput di dahi. Jika ini terus-menerus terjadi maka bisa menyebabkan keriput yang serius.
 
“Ketika Anda menyipitkan mata, Anda mengubah otot di wajah dan membuat kulit lebih berkerut,” kata Schweiger. “Botox bisa membantu mengatasi ini, namun Anda harus melatih tubuh agar tidak membuat ekspresi semacam ini.”
 
Jika Anda tidak punya uang untuk bisa melakukan perawatan Botox, Anda cukup mengatur ukuran huruf yang lebih besar di ponsel Anda yang bisa membantu mengatasi beberapa masalah tersebut. Selain itu, gunakan krim mata (Shiseido Benefiance WrinkleResist24 Intensive Eye Contour Cream, $55 atau Rp 603.844, sephora.com) dan krim antipenuaan (Garnier Nutritioniste Ultra-Lift Intensive Deep Wrinkle Day Cream, SPF $30, 17,99 atau Rp197.511, dugstore.com) sehari-hari untuk membuat kulit Anda bebas keriput.
 
3. Kondisi kulit memburuk

Beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ponsel memiliki bakteri 18 kali lebih berbahaya dari pegangan pintu toilet, di antaranya seperti E. coli dan salmonella. Masalahnya, dalam satu hari ponsel Anda menempel di wajah Anda beberapa kali, jadi mudah untuk bakteri melompat ke kulit Anda, yang menyebabkan jerawat serta infeksi.
 
“Ada banyak minyak di layar ponsel yang menyentuh rambut dan wajah kita sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat,” tambah Schwiger. “Saya menyarankan pasien saya untuk menggunakan kapas beralkohol dan melap ponsel mereka setidaknya sekali sehari untuk membersihkan minyak tersebut.”
 
Salah satu cara paling efektif untuk membersihkan ponsel Anda dari kuman adalah dengan menggunakan UV Cell Phone Sanitizer ($49,95 atau Rp550.609, violight.com). Produk itu bisa membersihkan 99,9 persen bakteri seperti E.coli, salmonella, dan listeria, serta virus H1N1 dalam tiga menit. Metode yang lebih murah adalah melap ponsel Anda dengan kain mikrofiber seperti GoSwype ($1,99 atau Rp21.941, goswype.com).

4. Rahang kendur
Karena terus-menerus menunduk melihat ke arah ponsel, rahang Anda bisa kendur, keriput dan  menciptakan garis rahang. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini, atau yang disebut dengan leher kalkun, adalah dengan melakukan operasi. Namun, Anda bisa menghindarinya dengan memegang ponsel sejajar di depan Anda. “Sulit untuk mengurangi perilaku ini, tapi perangkat hands-free bisa membantu,” kata Schweiger. Menggunakan krim khusus juga bisa membantu menjaga kulit Anda di area tersebut, seperti L’Oreal RevitaLift Triple Power SPF 30 Day Lotion, $24,99 atau Rp275.876, di lorealparisusa.com.

5. Mata merah
Menatap layar ponsel selama berjam-jam sambil mengakses situs dan menjawab banyak email masuk bisa menyebabkan mata memerah, tidak hanya kering tapi juga menjadi sangat merah, dan itu bukan tampilan yang bagus. Mata merah disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar atau bengkak pada sklera (area putih di permukaan paling luar). Untuk menghindarinya, Anda hanya perlu beristirahat dengan cukup dan menjauh dari layar ponsel selama beberapa waktu atau menggunakan tetes mata untuk menjaga mata agar tetap lembab (Visine L.R. Long Lasting Redness Relief Eye Drops, $5,29 atau Rp58.401, drugstore.com).

Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 28, 2013 by and tagged .
%d bloggers like this: