takani berbagi info

Serba – Serbi Informasi

Hewan yang Setia Terhadap Pasangannya

Hewan-hewan pun bisa setia, bahkan sampai mati. Cinta hewan yang sering dianggap “Tidak setia”  ternyata mengalahkan kesetiaan manusia. Bisa kita lihat manusia yang sering poligami dan bahkan selingkuh. Tapi beberapa jenis hewan dapat setia pada pasangan hidupnya, sampai mati demi kelangsungan generasinya, dan ini dapat menjadi pelajaran bagi kita manusia. Berikut beberapa hewan yang setia pada pasangannya.

 

 

 

Hylobatidae
Hylobatidae adalah salah satu keluarga dari ordo primata, termasuk di dalamnya siamang dan owa-owa. Hewan ini tersebar di Asia tenggara dan termasuk spesies yang dilindungi. Spesies arboreal (hidup di atas pohon) ini sering terlihat di kanopi pohon-pohon sedang bergelayutan.
    Hylobatidae ini adalah satu-satunya family primata yang murni monogami, alias berpasangan seekor jantan dengan seekor betina ( saya sebut satu-satunya karena manusia juga berpoligami). Dalam suatu familiy group, terdapat sepasang induk dan 1-3 ekor anak yang akan segera di usir dari kelompoknya bila menginjak usia dewasa (hewan ini memang sangat mudah cemburu, bahkan sama anak sendiri!).
       Kemesraan hewan ini terlihat di saat pagi dan siang hari, ketika mereka menyanyi bersama. Bagaikan acapela hutan hujan yang terdengar riang bersahut-sahutan. Nyanyia ini (yang sering di sebut morning call) dilakukan untuk memperingatkan keluarga lain  untu tidak memasuki daerah teretori mereka. Uniknya pada jantan dan betina terdapat nada-nada tertentu, dan membentuk acapela yang serasi. Contohnya, pada siamang.
       Ketika pasangannya tewas, mereka tidak akan kawin lagi hingga hidup mereka habis, benar-benar pasangan seumur hidup. mereka akan menyesal, layu hingga akhirnya meninggal menyusul pasangannya.

 

 

 

Buaya

 

Buaya, siapa yang tidak tahu dengan reptil ini. Hewan buas ini selalu menjadi mangsa para pemburu liar. Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zaman dinosaurus.

 

 

 

Hewan ganas ini biasa diakui oleh beberapa orang sebagai tanda seorang yang hidung belang dan senang memaikan perasaan lawan jenisnya. Tapi ternyata tidak seperti keganasannya, mamalia satu ini memeiliki kesetian yang sangat dalam kepada pasangannya. Buaya itu salah satu hewan yang paling setia nomor 2 setelah burung merpati.
Buaya jantan tidak akan mencari betina lain apabila betinanya yang pertama telah mati atau terbunuh oleh betina lainnya.

 

Dan ini juga yang menjadi alasan orang betawi memberikan Roti Buaya kepada pasangannya ketika melakukan sesi lamaran. Mereka mengharapkan kedua pasangan setia sama seperti buaya yang dapat menjaga perasaan pasanganya.

 

 

 

Merpati

 

Banyak syair-syair dan lirik lagu yang menyimbolkan merpati sebagai pasangan sejati. Merpati sangat setia terhadap pasangannya ketika sudah mengikat janji. Seekor merpati akan merasa sangat nyaman apabila ditempatkan dalam sebuah kandang bersama pasangannya. Sebaliknya, apabila ditempatkan di kandang yang bukan bersama pasangannya, yang terjadi adalah pertengkaran.

 


Kebersamaan merpati jantan dan betina memang erat. Ketika keduanya dipisahkan, si jantan bisa terbang lebih cepat untuk menghampiri si betina di suatu tempat. Si jantan bisa melacaknya, meski dengan jarak yang sangat jauh. Biasanya, merpati jantan berusaha mengenali postur, warna bulu, dan gerakan khas si betina. Merpati jantan juga bisa menggunakan indra penciumannya untuk menemukan bau khas si betina. Merpati akan mengeluarkan suara bekur ketika sudah menemukan pasangan yang dicari.

 

Pinguin

 

Pinguin adalah salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya dan rela berkorban demi anak dan pasangannya. Jika pinguin telah memilih pasangannya, ia akan setia sampai sampai ia mati. Pasangan yang sama umumnya akan kembali kepada koloni yang sama dan selalu kembali ke sarang yang sama setiap tahunnya.

 

Pinguin mengerami telurnya pada musim dingin. Biasanya pinguin betina hanya bertelur satu butir saja. Kemudia telur itu akan dierami oleh pejantannya. Selama mengeram, pinguin jantan harus rela menhadapi badai kutub dan rela tidak makan. Sebab sumber makanan sangat jau. Sedangkan pinguin betina pergi ke laut selama empat bulan untuk mengumpulkan makan. Setelah empat bulan, baru lah telur itu menetas dan kembali di ambil alih oleh pingun betina. Menurus anak adalah tugas yang sangat berat, kadang induk pinguin rela tidak makan demi memberikan anaknya makanan. Saat udara sangat dingin, induk pinguin meletakan anaknya di atas kaki mereka dan menghangatkannya dengan perut mereka.

 

Laba-laba Argiope aurantia.

 

Ternyata seekor laba-laba jantan mati setelah berhubungan badan karena laba-laba betina memakan mereka. Selama berhubungan badan, laba-laba jantan membentuk organ tubuh baru di dalam tubuh betina. Organ itu mencegah betina berhubungan dengan jantan lain.

 

Serigala.

 

Walau disebut sebagai salah satu hewan buas, ternyata seekor serigala betina hanya berpasangan dengan 1 jantan sampai si jantan mati, terusir keluar dari kawanan, atau terluka sehingga tidak lagi mampu memiliki keturunan.

 

DUIKER
Duiker adalah sejenis antelop kecil yang sangat setia pada pasangannya hingga nyaris punah. Antelop ini tidak akan mencari pasangan baru ataupun berkembang biak sampai akhir hayatnya jika pasangannya telah mati.

Ini lah beberapa hewan yang SETIA terhadap pasangannya. Semoga kita manusia, mahluk yang diciptakan paling sempurna dapat mencontoh beberapa sifat positif dari hewan-hewan ini. So, keepyour heartforoneperson guys.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 29, 2013 by and tagged .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: